TUJUAN PENDIDIKAN MADRASAH


Tujuan Pendidikan Madrasah
Selaras dengan tujuan ditetapkannya Standar Pendidikan Nasional yakni menjamin mutu pendidikan nasional dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat, maka tujuan pendidikan tingkat satuan Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Banjar menitikberatkan pada ketercapaian visi dan merealisasikan misi secara sistematis, sehingga mampu membentuk sumber daya manusia yang diinginkan.
Persaingan yang semakin ketat dalam era pendidikan lebih lanjut yang kelak akan dialami oleh lulusan siswa madrasah, menjadi pusat perhatian yang konsen bagi madrasah. Langkah konkrit sebagai wujud perhatian tersebut adalah berupa pembekalan yang maksimal dengan perhatian pada dua kelas unggulan yakni Religious classdan excellent class sehingga dapat mensejajarkan diri dengan sekolah  lain di Kota Banjar bahkan dapat melebihi agar sukses dalam memasuki lembaga pendidikan yang favorit.
Disadari bahwa tidak semua lulusan madrasah akan melanjutkan ke tingkat pendidikan yang lebih tinggi, maka identifikasi dini  dan pembekalan bagi kelompok ini menjadi salah satu agenda utama agar dapat hidup bermasyarakat dengan segala keunggulan dan kemandirian.
Disadari di zaman yang penuh tantangan dan fitnah ini, dengan banyaknya kejadian kenakalan remaja, kami sangat memperhatikan pembinaan spiritual berupa pembiasaan diri yang baik menjadi agenda harian bagi kami agar siswa memiliki kekuatan iman, kesungguhan taqwa dan kemulyaan akhlak sehingga menjadi suri tauladan di lingkungannya.
Dari penjelasan di atas, maka tujuan pendidikan di tingkat satuan Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Banjar i adalah sebagai berikut :
1.   Menyelenggarakan pendidikan sesuai kurikulum yang berlaku dalam proses kegiatan belajar mengajar.
2.  Meningkatkan prestasi dalam bidang akademik, olah raga dan seni.
3.  Meningkatkan pembelajaran Religious Class Programe dan Excellent Class Programe,
4.  Meningkatkan nilai rata-rata kelulusan di atas kriteria yang ditetapkan pemerintah.
5.  Menjalin kerja sama secara intensif dengan lembaga lain untuk  meningkatkan prestasi peserta didik dan kemajuan madrasah.
6.  Menyalurkan bakat dan minat peserta didik melalui kegiatan ekstra kulikuler.
7.  Menumbuhkan karakter warga  madrasah yang religius, nasionalis, cerdas, disiplin dan tanggung jawab.
8.  Mewujudkan lingkungan sekolah yang bebas dari sampah sebagai upaya perlindungan terhadap pencemaran lingkungan.
9.  Memiliki wawasan nasional dengan tetap mempertahankan budaya bangsa yang dilandasi kesalehan individu dan kesalehan sosial.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama